Blog

Kelebihan Digital Onboarding

Proses onboarding pelanggan merupakan tahap awal perusahaan atau lembaga/institusi pemerintah dalam memulai hubungan dengan calon pelanggan untuk menjadi pengguna terdaftar atau pelanggan resmi. Oleh karena itu, onboarding adalah tahap yang penting bagi perusahaan atau lembaga/institusi pemerintah untuk memberikan kesan yang baik pada calon pelanggan. Dengan demikian, mereka dapat memutuskan untuk meninggalkan atau melanjutkan proses onboarding dengan pertimbangan yang dimilikinya. Saat calon pelanggan telah terdaftar dan menjadi pelanggan resmi, mereka akan menggunakan data yang memungkinkannya untuk melakukan identifikasi dan mengakses produk dan layanan milik perusahaan atau lembaga/institusi pemerintah.

Sebelum proses onboarding dilakukan secara digital, biasanya pelanggan akan memberikan data diri mereka ke kantor pusat atau cabang, baik secara langsung maupun melalui surat untuk onboarding. Proses konvensional ini seringkali dianggap terlalu rumit, lebih mahal dan memakan waktu yang lama. Seiring dengan upaya bisnis dan institusi untuk mengalihkan operasi mereka secara online, kebutuhan akan solusi digital onboarding yang aman dan andal telah meningkat. Hal ini semakin didukung dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlanjut dan mengharuskan manusia untuk meminimalkan kontak satu dengan yang lainnya.

Proses digital onboarding melibatkan platform perusahaan online yang telah dikembangkan baik secara internal maupun outsourcing. Platform ini memungkinkan perusahaan untuk memastikan kepatuhan dan mengubah calon pelanggan baru yang potensial menjadi pelanggan setia. Digitalisasi menjadi cara paling cepat bagi industri jasa keuangan (bank, asuransi, fintech, multifinance, e-commerce), pariwisata, kesehatan dan industri lainnya untuk meningkatkan onboarding pelanggan. Dengan digital onboarding, perusahaan atau lembaga/institusi pemerintah akan mendapatkan banyak kelebihan bila dibandingkan dengan cara konvensional. Berikut adalah beberapa kelebihan dari digital onboarding:

  • Meningkatkan Pengalaman dan Kepuasan Pelanggan

Proses onboarding yang dilakukan secara online dan jarak jauh akan memberikan pengalaman baru bagi pelanggan, sekaligus semakin memperluas jangkauan pelanggan ke seluruh pelosok negeri. Selain itu, proses onboarding yang tidak memerlukan tatap muka secara langsung dengan petugas, memungkinkan pelanggan dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja. 

  • Mudah, Cepat dan Aman

Dengan menggunakan perangkat digital, proses onboarding menjadi lebih mudah sehingga dapat berjalan lebih cepat dibandingkan cara konvensional. Ketika onboarding berjalan dengan cepat, pengguna mendapatkan respons, umpan balik, dan konfirmasi yang lebih cepat pula. Bersamaan dengan itu, digital onboarding juga mengikuti semua langkah dan verifikasi data yang aman karena menggunakan teknologi biometrik dan basis data dari lembaga tepercaya.

  • Menghemat Biaya Operasional

Biaya operasional menjadi pertimbangan yang harus diperhatikan baik oleh perusahaan, lembaga/institusi pemerintah maupun pelanggan. Penggunaan teknologi digital akan mengurangi penggunaan kertas dan tingkat kesalahan yang mungkin terjadi selama proses onboarding. Ini dapat menekan biaya operasional perusahaan atau lembaga/institusi pemerintah yang tentunya juga dapat mengurangi biaya administrasi bagi pelanggan.Ingin memulai pengalaman onboarding yang menyenangkan bagi pelanggan Anda?

Check My ID merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu Anda melakukan digital onboarding dengan layanan verifikasi, identifikasi dan verifikasi jaringan yang kami miliki. Produk dan solusi dari Check My ID memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat sehingga telah dipercaya oleh lembaga pemerintah dan swasta.  Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.