Blog

Penggunaan Digital Signature di Berbagai Industri

Perusahaan maupun organisasi di setiap sektor berusaha mencari cara untuk meningkatkan proses alur kerja, menghemat biaya, dan mengurangi pemborosan. Berinvestasi dalam tanda tangan elektronik atau digital signature dapat menjadi salah satu cara yang aman dan ekonomis untuk mencapai hal tersebut. Berikut beberapa industri yang dapat mengambil manfaat dengan menggunakan teknologi digital signature:

  1. Pemerintahan

Tanda tangan elektronik memberi pemerintah daerah dan pusat berbagai cara untuk merampingkan alur kerja yang banyak menggunakan kertas, yang pada akhirnya menghemat uang dan membuat prosesnya lebih efektif. Digital signature dalam institusi pemerintahan dapat digunakan untuk meningkatkan kepatuhan dalam bentuk bisnis warga, daftar gaji, pengadaan, perjanjian Internal, SDM, dokumen perumahan dan lain-lain.

  1. Jasa Keuangan

Digital signature dapat digunakan untuk mempercepat permintaan pinjaman, formulir penggantian, pembukaan rekening, dan aplikasi investasi. Digital signature atau tanda tangan elektronik mirip dengan tanda tangan tinta basah, hanya saja lebih cepat, lebih bersih, dan lebih aman. Teknologi digital signature dapat digunakan misalnya untuk aplikasi pinjaman.

  1. Hukum

Digital signature memiliki kekuatan hukum yang sama seperti tanda tangan basah. Oleh karena itu, digital signature bisa digunakan oleh notaris, misalnya ketika menangani kasus penandatanganan wasiat dan kasus hukum lainnya. Selain itu, digital signature juga dapat digunakan oleh pengacara yang harus berurusan dengan banyak kontrak atas nama klien mereka. Dengan tanda tangan elektronik, klien dapat dengan mudah menandatangani kontrak dari kantor atau rumah mereka, menghemat banyak waktu yang dapat digunakan dalam perjanjian penting lainnya.

  1. Kesehatan

Ilmu kehidupan dan sektor medis perawatan kesehatan tunduk pada undang-undang yang ketat yang melindungi informasi pribadi. Undang-undang tentang penyimpanan dokumen yang aman, privasi, bentuk tanda tangan digital dan dokumen elektronik yang dapat diterima selalu menjadi perhatian yang signifikan. Tanda tangan elektronik yang sesuai dengan undang-undang tidak hanya meningkatkan keamanan dokumen tetapi juga meningkatkan kepatuhan. Digital signature dapat digunakan dalam mengelola kontrak untuk pasien, vendor, dokter, karyawan dan organisasi mitra secara efisien adalah aspek penting dari organisasi perawatan kesehatan yang sukses. Perangkat lunak tanda tangan online juga merupakan alat yang sangat baik untuk produsen perangkat medis, perusahaan farmasi dan studi klinis.

  1. Bisnis Kecil Menengah

Bisnis kecil dan menengah perlu bekerja dengan cepat agar usahanya bisa berkembang pesat. Menggunakan tanda tangan secara elektronik bisa meningkatkan siklus penjualan, interaksi produk, dan mendukung customer service yang lebih responsif. Selain itu, penandatanganan kontrak juga menjadi lebih singkat dan bisa dilakukan sesegera mungkin.

Demikian beberapa industri yang dapat memanfaatkan digital signature agar kegiatan dapat berjalan lebih efektif, aman dan hemat biaya. Menurut Anda, industri apalagi yang dapat memanfaatkan teknologi digital signature? Check My ID sebagai perusahaan penyedia solusi sistem integrasi dapat membantu Anda melakukan proses digital signature dengan layanan verifikasi, identifikasi dan verifikasi jaringan yang kami miliki. Produk dan solusi dari Check My ID memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat sehingga telah dipercaya oleh lembaga pemerintah dan swasta. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.