Blog

Fintech Hadirkan Banyak Manfaat untuk Masyarakat

Berkat perkembangan teknologi, berbagai inovasi lahir untuk memudahkan urusan manusia, salah satunya dengan kehadiran financial technology atau disingkat fintech. Di Indonesia, fintech merupakan salah satu sektor usaha di bidang teknologi yang kini berkembang dengan pesat. Fintech merupakan inovasi teknologi yang dikembangkan dalam bidang finansial sehingga transaksi keuangan bisa dilakukan dengan praktis, mudah dan efektif. 

Teknologi fintech Indonesia dimulai sejak tahun 2006. Namun sayangnya, saat itu belum banyak perusahaan yang menggeluti bidang ini. Setelah Asosiasi Fintech Indonesia didirikan pada tahun 2015, kepercayaan terhadap fintech Indonesia mulai tumbuh di kalangan masyarakat. Perusahaan fintech di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat hingga 140 perusahaan telah tercatat dalam daftar fintech OJK. Tidak hanya itu, pada tahun 2017 berkembang lagi fintech syariah, jenis fintech yang bergerak atas dasar prinsip Islam. Oleh karena itu, lahirlah Asosiasi Fintech Syariah Indonesia yang menaungi fintech syariah di Indonesia.

Lalu, apa saja manfaat dari fintech yang kini sedang berkembang di Indonesia? Berikut penjelasannya.

  1. Transaksi keuangan menjadi lebih mudah

Ketika akan melakukan transaksi finansial, Anda tidak perlu lagi keluar rumah atau pergi ke bank untuk melakukannya. Cukup melalui ponsel pintar, segala aktivitas keuangan bisa Anda selesaikan. Tentu ini sangat praktis bukan?

  1. Akses pendanaan lebih baik

Berkat fintech, teknologi keuangan berkembang pesat sehingga dapat menjangkau berbagai kalangan masyarakat. Hal ini mengakibatkan semakin banyak orang memahami cara mendapat bantuan pendanaan untuk menunjang kegiatan harian masyarakat.

  1. Taraf hidup masyarakat meningkat

Setelah masyarakat mendapatkan akses pendanaan yang lebih baik, maka masyarakat bisa menggunakan dana tersebut untuk membiayai aktivitas konsumtif maupun produktif mereka. Dengan demikian, taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat pun dapat meningkat.

  1. Mendukung inklusi keuangan 

Inklusi keuangan memiliki arti adanya keterlibatan masyarakat dalam transaksi ekonomi, mulai dari jual beli, iuran, sampai simpan pinjam. Kehadiran fintech telah menjembatani berbagai transaksi ekonomi tersebut sehingga inklusi keuangan pun semakin meningkat.

  1. Mempercepat perputaran ekonomi

Akses keuangan dan kemudahan bertransaksi mendorong arus perputaran ekonomi semakin cepat dan praktis. Selain itu, fintech juga membantu pelaku usaha untuk mendapatkan modal dengan bunga rendah melalui pinjaman online sebagai produk fintech.

Banyaknya manfaat dari kehadiran fintech di Indonesia, telah meningkatkan antusias masyarakat untuk terlibat dalam transaksi yang berbasis digital. Hal ini tentunya perlu didukung dengan performa layanan dan keamanan yang lebih baik dari setiap perusahaan. Check My ID, perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi. Produk dan solusi dari Check My ID memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat sehingga telah dipercaya oleh lembaga pemerintah dan swasta. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.