Blog

Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Memilih Multifinance

Semakin hari kebutuhan dan pola konsumtif masyarakat kian meningkat. Tidak jarang hal ini membuat masyarakat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, apalagi disaat pandemi seperti sekarang. Hadirnya lembaga keuangan seperti perusahaan pembiayaan atau multifinance dapat menjadi salah satu solusi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. 

Perusahaan pembiayaan atau multifinance merupakan perusahaan yang menawarkan bantuan pembiayaan kepada masyarakat untuk pembelian barang dan jasa, seperti barang elektronik dan rumah tangga, mesin dan alat berat serta kendaraan bermotor. Perusahaan multifinance melakukan penalangan dana untuk barang atau jasa yang dibeli oleh pihak debitur (peminjam) dari pihak dealer (penjual). Kemudian pihak debitur harus membayar dana pinjaman tersebut kepada perusahaan multifinance secara berangsur dengan jumlah tagihan dan bunga yang telah disepakati sebelumnya.

Jika Anda tertarik untuk membeli suatu barang atau jasa dengan memanfaatkan dana bantuan dari perusahaan multifinance, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. 

  1. Jumlah pembayaran dan angsuran

Saat akan melakukan pembelanjaan barang atau jasa menggunakan dana bantuan dari perusahaan multifinance,  maka hal utama yang harus anda ketahui adalah besaran jumlah dana yang harus dikembalikan. Ini termasuk dengan jumlah bunga tagihan serta nominal angsuran yang harus anda bayar setiap bulannya. Pastikan untuk memahami nominal angsuran sehingga tidak akan memberatkan anda selama jangka waktu pembayaran.

  1. Waktu jatuh tempo

Sama seperti bank, multifinance menerapkan denda kepada konsumen yang mengalami keterlambatan pembayaran. Oleh karena itu, pastikan anda mengetahui waktu jatuh tempo dari kredit yang anda miliki. Agar aman dari denda, sebaiknya lakukan pembayaran angsuran sebelum jatuh tempo.

  1. Cara pembayaran

Dengan perkembangan teknologi digital dalam bidang finansial, kini perusahan multifinance dapat menyediakan kemudahan cara bayar bagi konsumennya. Tersedia berbagai cara untuk melakukan pembayaran angsuran, diantara autodebet, ATM, nomor rekening (Virtual Account), dompet digital atau bayar tunai melalui loket pembayaran/ toko swalayan. Pastikan untuk mengetahui model pembayaran yang tersedia sebelum melakukan kerja sama dengan perusahaan multifinance. Cara pembayaran yang mudah secara tidak langsung akan menghindarkan anda dari keterlambatan membayar sehingga tidak terkena denda.

  1. Asuransi

Kehadiran asuransi ternyata juga penting untuk memastikan kondisi barang yang Anda beli seperti kendaraan bermotor. Selama proses pembayaran dalam jangka waktu tertentu, mungkin saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan barang yang Anda beli seperti kerusakan ataupun kehilangan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan apakah perusahaan multifinance yang akan membiayai pembelanjaan anda menyediakan asuransi atau tidak. Pada umumnya, perusahaan multifinance profesional akan menawarkan asuransi pada barang-barang mewah ataupun kendaraan bermotor. 

  1. Peraturan dan Kebijakan 

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah mengenai peraturan dan kebijakan yang harus dipatuhi sebagai konsumen. Misalnya, adanya ketentuan bahwa barang akan disita apabila pembayaran tidak lunas.  Di awal, kemungkinan anda hanya akan menghadapi risiko dari membayar denda harian. Tetapi apabila anda tidak bisa melakukan cicilan secara terus-menerus maka barang Anda bisa jadi akan disita. 

Itulah lima hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan kerjasama dengan perusahaan Multifinance. Di Indonesia, multifinance merupakan salah satu kontributor ekonomi terbesar, sehingga meningkatnya ketergantungan pada industri ini memperluas kebutuhan akan fitur dan teknologi canggih untuk memenuhinya. Semakin tinggi antusias masyarakat dalam menggunakan layanan multifinance, maka perusahaan harus semakin serius dalam menjaga performa layanan dan keamanan. Check My ID merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi. Produk dan solusi dari Check My ID memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat sehingga telah dipercaya oleh lembaga pemerintah dan swasta. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.