Blog

Manfaat Asuransi yang Perlu Anda Ketahui

Asuransi merupakan salah satu usaha untuk mengendalikan risiko dengan cara mengalihkan atau mentransfer risiko ke pihak lain, dalam hal ini adalah perusahaan asuransi. Ini sejalan dengan OJK yang mendefinisikan asuransi sebagai sebuah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan dalam bentuk mengganti atau mengurangi kerugian. Dari pengertian tersebut, terlihat bahwa asuransi memiliki peran penting untuk mengurangi risiko kerugian finansial dari kejadian yang terjadi secara tidak terduga.

Dengan demikian, asuransi berperan dalam menanggung risiko jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, seseorang yang memiliki asuransi lalu mengalami kecelakaan, maka biaya perawatan orang tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai kesepakatan. Atau pemegang asuransi tersebut dapat mengklaim premi yang selama ini dibayarkan ke perusahaan asuransi. Setidaknya ada 3 manfaat asuransi bagi nasabah.

  • Membuat hidup lebih tenang

Tidak ada manusia yang mengetahui pasti tentang kejadian buruk yang akan datang menghampiri. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita berjaga-jaga dan mengantisipasi segala kejadian buruk yang dapat terjadi secara tidak terduga. Dengan memiliki asuransi, kerugian dapat diminimalkan berkat adanya jaminan perlindungan dari setiap klaim yang dilakukan. Dengan demikian, hidup pun akan menjadi lebih tenang.

  • Dapat menjadi sarana investasi

Asuransi dapat menjadi salah satu cara untuk berinvestasi. Memiliki investasi akan membuat Anda memiliki keuntungan pada masa depan. Selain itu, keuntungan saat ini dapat berkembang dan dapat dimanfaatkan untuk hari esok.

  • Meminimalkan kerugian

Secara tidak langsung, asuransi memaksa nasabahnya untuk menabung dan baru akan terasa manfaatnya ketika pemegang polis mengalami risiko. Maka memiliki asuransi akan membantu Anda untuk mengatasi risiko yang akan terjadi.

Selain itu, beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan adalah:

  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap keluarga setelah kematian seseorang dari hilangnya pendapatan.
  • Memberikan kepastian pembayaran hutang setelah kematian.
  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap risiko dan biaya kesehatan yang tidak terduga.
  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap tuntutan hukum
  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap kondisi cacat tetap akibat penyakit atau kecelakaan.
  • Memberikan perlindungan terhadap bisnis dari berbagai gangguan dan hilangnya penghasilan karena hal-hal tak terduga. 
  • Melindungi aset dari pencurian, kehilangan, kerusakan, kebakaran, bencana alam dan bahaya lainnya.

Demikian beberapa manfaat Asuransi yang perlu Anda ketahui. Seiring meningkatnya pertumbuhan industri keuangan di Indonesia, maka perusahaan harus semakin serius dalam menjaga performa layanan dan keamanan dengan memenuhi kebutuhan akan fitur dan teknologi canggih untuk memenuhinya. Check My ID merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi. Produk dan solusi dari Check My ID memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat sehingga telah dipercaya oleh lembaga pemerintah dan swasta. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.