Blog

Inilah Cara Kerja Asuransi

Bisnis asuransi merupakan bisnis yang mengambil alih risiko dari nasabah untuk ditanggung perusahaan asuransi. Cara menutup risiko tersebut adalah dengan menggunakan akumulasi dana premi yang dibayarkan nasabah. Perusahaan asuransi yang bertindak sebagai penanggung risiko menggunakan akumulasi premi tersebut untuk menutup risiko klaim nasabah yang terkena musibah atau risiko. 

Adapun proses kerja perusahaan asuransi terbagi menjadi 3 tahap yaitu:

  • Menarik Nasabah

Perusahaan asuransi menawarkan produk dan mencari seseorang yang akan menjadi nasabah. Perusahaan asuransi akan membagi setiap pembeli asuransi atau pemegang polis ke dalam bagian yang berbeda-beda. Jadi, jika seseorang menggunakan asuransi kesehatan, tidak akan dicampur dengan asuransi jiwa atau yang lainnya. Pihak asuransi akan menanggung setiap kerugian sesuai dengan jumlah yang diambil pemegang polis.

  • Mengumpulkan Premi

Nasabah akan diberi jadwal pembayaran premi yang biasanya dilakukan setiap bulan. Melalui pembayaran premi ini maka jumlah uang dari setiap nasabah akan diolah guna mengatasi permasalahan yang dialami nasabah lain dan yang melakukan klaim kepada perusahaan asuransi. Jadi, sistem yang dijalankan perusahaan asuransi adalah perputaran uang dari nasabah untuk menutup risiko yang dialami nasabah lain.

  • Membayar Klaim

Jika terjadi klaim dari nasabah yang mengalami risiko, perusahaan asuransi harus membayarkan sesuai dengan ketentuan. Perusahaan asuransi akan memastikan kejadian atas klaim yang dilakukan nasabah adalah benar-benar musibah dan bukan merupakan kejadian yang disengaja. Dalam klausul polis, biasanya tertera perjanjian bahwa kalau kejadian memiliki unsur kesengajaan, ganti rugi tidak akan diberikan perusahaan asuransi.

Asuransi telah menolong masyarakat untuk tidak lagi takut dan lebih siap dalam menghadapi masa depan. Dengan demikian, masyarakat dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih aman dan nyaman. Jika memiliki asuransi merupakan kebutuhan yang harus Anda penuhi, maka pastikan memiliki asuransi yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Seiring meningkatnya pertumbuhan industri keuangan di Indonesia, maka setiap perusahaan semakin serius dalam menjaga performa layanan dan keamanan dengan memenuhi kebutuhan akan fitur dan teknologi canggih untuk memenuhinya. Check My ID merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi. Produk dan solusi dari Check My ID memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat sehingga telah dipercaya oleh lembaga pemerintah dan swasta. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.