Blog

Kelebihan Penyimpanan Data Berbasis On-Premise

Saat ini terdapat dua metode pencadangan yang populer, yaitu on-premise dan cloud. Namun bagi sebagian perusahaan, memilih metode penyimpanan data mungkin bukan hal yang mudah. Perusahaan perlu melakukan analisa terhadap kebutuhan bisnis dengan benar untuk mengetahui pendekatan mana yang paling sesuai dengan proses bisnis perusahaan. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan sebelum memilih metode mana yang paling sesuai, salah satunya adalah faktor keamanan data perusahaan. Setelah itu, perusahaan dapat memilih provider yang andal dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. 

Salah satu metode penyimpanan yang diyakini memiliki tingkat keamanan yang tinggi adalah on-premise. On-premise merupakan adopsi teknologi yang di mana mulai dari pengadaan infrastruktur hingga software dilakukan sepenuhnya oleh perusahaan itu sendiri. On-premise juga dikenal sebagai solusi penyimpanan data dengan istilah on site. Solusi ini merupakan pencadangan data secara lokal atau in-house menggunakan berbagai devices seperti hard drive, disk, tape drive, atau server. Perlu diketahui, di banyak perusahaan besar penyimpanan data berbasis on premise seringkali melakukan hosting di lokasi pusat, hal ini dianggap bisa memberikan keuntungan dari segi biaya dan aspek manajemen lainnya. Berikut kelebihan menggunakan metode penyimpanan data berbasis on premise:

  • Dapat Diakses saat Offline

Jika perusahaan mengadopsi metode penyimpanan berbasis on-premise, maka salah satu keuntungannya adalah perusahaan tidak perlu bergantung pada koneksi internet untuk mengakses server data. Meskipun perusahaan memiliki ketergantungan pada koneksi internet untuk menjalankan kegiatan operasional harian, perusahaan tidak perlu merasa khawatir kehilangan cadangan data, seandainya terjadi gangguan internet.

  • Biaya Perawatan Bulanan Rendah

Solusi penyimpanan data berbasis cloud seringkali membebankan biaya bulanan atau tahunan kepada penggunanya. Meski jumlah yang harus dibayar tiap bulan atau tahun akan disesuaikan mengikuti kebutuhan tiap perusahaan, hal ini tetap membuat pengeluaran rutin bulanan perusahaan bertambah. Sedangkan dengan memanfaatkan penyimpanan data berbasis on-premise, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa maintenance, karena semuanya dapat dikelola sendiri (secara internal). Atas dasar itulah, penggunaan on-premise disebut-sebut bisa menghemat pengeluaran bulanan suatu perusahaan.

  • Keamanan Terjaga

Penyimpanan data di cloud masih memiliki celah keamanan yang bisa dimanfaatkan pelaku serangan siber untuk mencoba mengakses bahkan mencuri data perusahaan. Meskipun solusi pencadangan cloud terbilang sangat aman, karena menggunakan teknologi end-to-end encryption, bukan berarti data perusahaan kebal dari serangan peretas. Penggunaan end-to-end encryption hanya meminimalkan risiko serangan yang dilancarkan peretas. Di sisi lain, penempatan hardware pada pencadangan on premise yang secara in-house membuat perusahaan selaku pelaku usaha memiliki kendali penuh atas data internal perusahaan. Setiap perubahan, konfigurasi, dan upgrade tentunya dilakukan atas seizin tim manajemen yang berkaitan.

Itulah kelebihan penyimpanan data secara on-premise yang bisa dijadikan pertimbangan saat akan memilih metode penyimpanan data bagi perusahaan. Ini juga yang menjadi alasan semakin banyak perusahaan yang mennyukai solusi dari on-premise karena dianggap lebih aman, cepat dan efisien dibandingkan cloud.Check My ID merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi secara on premise. Produk dan solusi dari Check My ID memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat sehingga telah dipercaya oleh lembaga pemerintah dan swasta. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.