Blog

Tips Menjaga Transaksi Digital Agar Lebih Aman

Di era digital seperti saat ini, masyarakat semakin menyukai hal yang mudah dan praktis, termasuk dalam hal pembayaran. Hadirnya dompet digital di tengah masyarakat menjadi salah satu instrumen pembayaran yang semakin diminati karena semua transaksi dapat dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang cash atau tunai. Kini dompet digital maupun uang elektronik telah menjadi hal lumrah yang kerap ditemui masyarakat seiring dengan munculnya platform-platform yang menawarkan penggunaan dompet digital maupun uang elektronik untuk transaksi pembayaran.

Meskipun transaksi digital menawarkan berbagai kemudahan, masyarakat juga harus lebih bijak dalam melakukan transaksi digital agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, masyarakat harus tetap menjaga kewaspadaan untuk mencegah tindakan kejahatan saat melakukan transaksi digital. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat melakukan transaksi digital dengan lebih aman dan nyaman.

  1. Periksa Laporan Keuangan Secara Berkala

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kejahatan saat bertransaksi digital yakni dengan rutin melakukan pemeriksaan keuangan secara berkala. Hal ini bisa membantu pengguna untuk mengetahui beragam jenis transaksi yang dilakukan. Serta mempermudah para pengguna untuk mendeteksi jika terjadi transaksi mencurigakan di dompet digital.

  1. Aktifkan Two Way Authentication

Ini adalah cara aman untuk bertransaksi dengan uang digital. Dengan menjamurnya serangan hacker, konsumen harus mengaktifkan autentikasi dua faktor berbasis SMS/WA untuk melindungi akun dibobol. Luangkan waktu untuk melakukan ini agar bila suatu saat ada orang yang ingin masuk ke akun akan kesulitan. Karena untuk masuk ke akun tersebut dibutuhkan sebuah sandi yang dikirimkan ke nomor pengguna yang asli.

  1. Periksa Ulang QR Code

Pembayaran dengan metode QR Code memang sedang marak terjadi. Bahkan, hampir di semua sektor menyediakan pembayaran melalui QR Code. Maraknya penggunaan QR Code menuntut para pengguna dompet digital harus lebih jeli sebelum melakukan pembayaran. Diusahakan sebelum memindai QR Code sebaiknya, pastikan kode pembayaran asli dan tidak ditempel oleh kode lainnya.

  1. Verifikasi Pembayaran

Satu langkah sederhana tetapi jarang orang yang melakukan yaitu melakukan verifikasi terhadap setiap transaksi yang dilakukan. Cobalah untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu ketika mengirimkan uang ke seseorang, sebab bila uang tersebut dikirimkan ke salah orang bisa dipastikan uang itu akan hilang.

  1. Gunakan Autentikasi Biometrik

Cara yang bisa dilakukan berikutnya agar transaksi aman adalah menggunakan metode autentikasi yang aman dan unik, salah satunya biometrik. Biasanya beberapa aplikasi menggunakan metode ini untuk memberikan rasa aman kepada penggunanya. Ada beberapa bentuk dari metode ini seperti fingerprint login hingga face recognition. Tentunya dengan metode ini, login ke dalam aplikasi akan semakin sulit dilakukan untuk orang-orang yang ingin melakukan kejahatan.

  1. Gunakan Aplikasi yang Terpercaya

Karena saat ini pembayaran digital menjadi salah satu transaksi utama, cobalah untuk menggunakan aplikasi yang terpercaya. Aplikasi yang digunakan juga harus menjamin keamanan penggunanya dengan fitur-fitur keamanan yang canggih. Meskipun saat ini masyarakat disuguhkan dengan beragam pilihan dompet digital. Namun, selektif dalam memilih dompet digital perlu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Check My ID merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi. Produk dan solusi dari Check My ID memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat sehingga telah dipercaya oleh lembaga pemerintah dan swasta. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.