Blog

Kelebihan Layanan Bank Digital

Beberapa waktu ini, kemunculan bank digital di Indonesia semakin banyak mendapat perhatian dari masyarakat. Kehadiran bank digital di tengah kondisi saat ini dinilai relevan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan dengan cepat dan mudah. Bank digital biasanya memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengakses segala kebutuhan finansial, seperti melihat tabungan, mengajukan pinjaman hingga berinvestasi untuk masa depan. Hal-hal umum seperti membuka rekening, melakukan deposit, transfer uang dan sebagainya itu juga bisa dilakukan secara online tanpa perlu mengunjungi kantor cabang atau pusat dari bank tertentu. 

Sebetulnya, beberapa bank konvensional pun telah melakukan digitalisasi terhadap beberapa layanan atau produknya. Tidak sedikit bank konvensional yang telah memberikan layanan digital banking sebelum akhirnya menambah produknya ke full digital dengan bank digital. Baik bank digital maupun bank konvensional, kini sama-sama memiliki layanan digital banking. Bedanya, bank digital menerapkan sistem online untuk seluruh layanan nya, sedangkan bank konvensional tidak. 

Lalu, apakah kelebihan menggunakan layanan bank digital? Agar lebih jelas, berikut ini adalah kelebihan dari layanan bank digital yang perlu Anda ketahui. 

  • Lebih Fleksibel

Dengan menggunakan layanan dari bank digital, transaksi keuangan dapat sepenuhnya dilakukan secara online, sehingga nasabah tidak perlu pergi ke kantor cabang dari suatu bank. Tentunya ini akan lebih menghemat waktu, karena nasabah tidak perlu lagi antre di teller atau customer service. Layanan dapat diakses melalui aplikasi ponsel dengan fleksibel dimanapun berada selama terkoneksi dengan internet.

  • Layanan Tersedia 24 Jam

Layanan bank digital yang sepenuhnya berjalan secara online, membuat nasabah tidak perlu terikat dengan jam kerja bank untuk mendapatkan akses layanan keuangan. Apa pun kebutuhan perbankan yang nasabah inginkan, dapat diakses 24 jam melalui aplikasi ponsel.

  • Biaya Admin Lebih Murah

Model bisnis dari bank digital adalah menawarkan nasabah agar dapat melakukan segala layanan perbankan secara online. Ini tentu dapat memangkas banyak biaya operasional yang terbilang cukup besar bagi sebuah industri perbankan. Oleh karena itu, biasanya bank digital memiliki biaya admin yang lebih murah, bahkan ada beberapa yang menawarkan bebas biaya transfer dan biaya admin perbulan.

  • Bunga Lebih Besar

Berdasarkan riset tentang bank digital di Indonesia, diketahui bahwa bunga yang ditawarkan bank digital cenderung lebih tinggi dari bank konvensional. Adapun, bunga yang ditawarkan adalah untuk produk tabungan atau produk deposito. Bank digital rata-rata mampu menawarkan bunga di atas 4% sedangkan untuk bank konvensional biasanya di bawah 3%.

  • Reward atau Promo Khusus

Dikarenakan model bisnis ini terbilang baru, maka seringkali bank digital memberikan rewards atau promo tertentu untuk setiap transaksi yang dilakukan nasabahnya. Mulai dari promo diskon, cashback, hingga poin yang jika dikumpulkan dapat ditukarkan dengan voucher diskon.

Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki bank digital, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Check My ID turut menawarkan kemudahan bagi perusahaan yang ingin mengembangkan layanan digital dengan sistem keamanan yang mumpuni. Check My ID merupakan perusahaan penyedia solusi sistem integrasi yang dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi yang dapat diaplikasikan pada industri perbankan. Produk dan solusi dari Check My ID memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat sehingga telah dipercaya oleh lembaga pemerintah dan swasta. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.