Blog

Ekonomi Digital Indonesia Diprediksi Terus Menguat

Pada tahun 2021, nilai ekonomi digital Indonesia telah mencapai angka US$ 70 miliar. Angka tersebut merupakan valuasi paling tinggi sekaligus pertumbuhan yang paling pesat di Asia Tenggara dan diprediksi akan terus meningkat seiring dengan keseriusan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan sektor digital. 

Berdasarkan laporan e-Conomy SEA terbaru, tahun 2022 ekonomi digital Indonesia akan mencapai gross merchandise value (GMV) senilai US$ 77 miliar, tumbuh 22% selama setahun terakhir. Hingga tahun 2025, ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai US$ 130 miliar, tumbuh dengan compound annual growth rate (CAGR) sebesar 19%, dan hingga 2030 diperkirakan akan tumbuh lebih dari tiga kali lipat di kisaran US$ 220-360 miliar. 

Laporan e-Conomy SEA ini menggabungkan data dari Google Trends, data dari Temasek, dan analisis dari Bain & Company, yang juga memadukan informasi dari berbagai sumber di industri dan wawancara dengan para ahli. Laporan tersebut mencatat nilai ekonomi digital negara-negara Asia Tenggara berdasarkan gross merchandise value (GMV), yakni nilai penjualan kotor barang dan jasa dalam periode tertentu. Untuk Indonesia, GMV terbesar tahun 2022 berasal dari sektor e-commerce, yakni US$59 miliar. Kemudian sektor ekonomi digital lainnya, yaitu jasa transportasi dan pesan-antar makanan, pemesanan tiket perjalanan, dan media online, masing-masing memiliki GMV di bawah US$10 miliar.

Di Indonesia, sektor e-commerce terus mendorong ekonomi digital dan nilainya diperkirakan akan mencapai US$ 59 miliar pada 2022. Meskipun aktivitas belanja offline kini mulai kembali bergairah, sektor e-commerce menyumbang 77% dari keseluruhan ekonomi digital. Kendati proyeksinya sangat baik, Google, Temasek, dan Bain & Company menyatakan bahwa ada tantangan ekonomi makro yang berpotensi membebani pertumbuhan di masa depan, seperti perlambatan ekonomi, pasar tenaga kerja yang melemah, inflasi dan depresiasi mata uang Asia Tenggara hingga kebijakan baru karena pandemi.

Dengan mengamati proyeksi ekonomi digital Indonesia beberapa tahun kedepan, maka kita dapat memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menjadi bagian dari pemanfaatan teknologi digital dalam ekonomi, bisnis dan kegiatan sehari-hari. Check My ID sebagai perusahaan penyedia solusi sistem integrasi dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi dan menjadi solusi sistem keamanan yang andal bagi instansi dan perusahaan. Produk dan solusi dari Check My ID memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat sehingga telah dipercaya oleh lembaga pemerintah maupun swasta. Ingin tahu lebih banyak? Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.