Blog

Selamat Tinggal Kata Sandi!

Banyaknya kasus peretasan pada sistem keamanan kata sandi menyebabkan pengguna mulai meninggalkannya secara perlahan. Sebagai gantinya, sistem keamanan biometrik telah diperkenalkan sebagai sistem keamanan digital. Kini telah banyak layanan digital yang menggunakan sistem pengenalan biometrik. Sama seperti pengidentifikasian konvensional yang sudah ada sejak dulu, konsep pengenalan biometrik ini menghubungkan identitas individu dengan penampilan luarnya. 

Saat seseorang ingin mengautentikasi dirinya untuk layanan digital, mereka harus mendaftarkan identitas mereka terlebih dahulu. Sistem kemudian akan menghubungkan identitas yang telah diterima dengan penampilan seperti wajah atau sidik jari melalui sistem pemindaian yang ada di perangkat. Selanjutnya, ketika pengguna telah terdaftar dan ingin mengakses informasi, perangkat akan memindai wajah pengguna. Hasil pemindaian tersebut akan dicocokkan menggunakan algoritma dengan templat wajah yang telah didaftarkan sebelumnya. Sistem keamanan dengan biometrik ini dianggap lebih aman daripada kata sandi karena fitur tubuh seseorang pasti memiliki perbedaan satu sama lain. 

Apabila pengguna kehilangan informasi biometriknya, maka data yang tersimpan dengan identitas tersebut tidak akan dapat diakses. Menurut profesor di University of Missouri Kansas City, Dr Reza Derakhshani, salah satu solusi untuk memitigasi permasalahan tersebut adalah dengan tokenisasi untuk pertukaran informasi. Token digunakan agar pengguna tidak langsung memberikan informasi biometriknya. Misalnya apabila pengguna lain ingin menggunakan tablet kita, token akan diberikan ke tablet dan juga ponsel sebagai perangkat utama. Izin akan diberikan apabila token di kedua perangkat cocok satu sama lain. Apabila tidak, maka token dapat ditarik dan diganti. Maka pengguna lain tidak akan menerima informasi biometrik apapun dari kita. 
Dengan demikian, sistem pengenalan biometrik ini bisa menjadi solusi dari permasalahan data elektronik pribadi pengguna yang diretas dan disalahgunakan akibat kata sandi.

Check My ID sebagai perusahaan penyedia solusi sistem integrasi dapat membantu anda melakukan verifikasi, identifikasi dan autentikasi dan menjadi solusi sistem keamanan yang andal bagi instansi dan perusahaan. Produk dan solusi dari Check My ID memiliki kelebihan dalam sistem biometrik yang akurat sehingga telah dipercaya oleh lembaga pemerintah maupun swasta. Ingin tahu lebih banyak? Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.